IKLAN

skyscrapper iklan
skyscrapper iklan

Rusman Emba Bertemu Mensos, Bahas Peningkatan Kesejahteraan Sosial di Muna

panjikendari.com – Bupati Muna LM Rusman Emba, Senin, 8 Oktober 2018, menemui Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, di Kemensos RI Jakarta.

Dalam pertemuan yang didukung oleh Anggota Komisi IV DPR RI Ridwan Bae tersebut membicarakan banyak hal tentang peningkatan peningkatan kesejahteraan sosial di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

IKLAN

Bupati Muna Rusman Emba saat dihubungi usai pertemuan tersebut menuturkan, ada beberapa hal urgen yang dibahas dalam pertemuan tersebut, berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat Muna.

Mantan anggota DPD RI ini menyebutkan, salah satu poin penting yang dibicarakan adalah penanganan kemiskinan dalam bentuk pemberian bantuan usaha ekonomi produktif kepada masyarakat kurang mampu.

Rusman berharap, melalui program bantuan usaha ekonomi produktif, masyarakat penerima manfaat dapat meningkatkan kebermaknaan hidup, rasa berguna, dan kualitas hidup mereka.

“Banyak masyarakat kurang mampu secara ekonomi atau masyarakat lansia yang masih mampu menjalankan usaha produktif namun terbatas modal usaha. Melalui program bantuan usaha ekonomi produktif, mereka diharapkan dapat berdaya dan mandiri dalam meningkatkan kualitas hidupnya,” terang Rusman.

Selain membicarakan program bantuan ekonomi produktif, tambah Rusman, masalah lain adalah berkaitan dengan rehabilitasi sosial, seperti, penyandang disabilitas, lanjut usia, dan anak telantar.

Menurut mantan Ketua DPRD Sultra ini, pemerintah memiliki tanggung jawab dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakatnya, tak terkecuali penyandang disabilitas, lanjut usia, dan anak telantar.

“Selain kita genjot pembangunan infrastruktur, kita juga mendorong program-program di bidang kesejahteraan sosial. Hari ini saya bertemu dengan Mensos bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, bersama anggota DPR RI Ridwan Bae, membicarakan tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di Kabupaten Muna.”

“Alhamdulillah pak menteri sangat merespons dan siap membantu apa yang menjadi usulan dalam pertemuan tadi. Dan Alhamdulillah juga bapak Ridwan Bae, sebagai anggota DPR RI Komisi IV siap mengawal. Insya Allah 2019 sudah bisa terlaksana apa yang menjadi harapan kita dalam pertemuan tadi,” harap Rusman.

Kata Rusman, banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan tadi. Namun yang menjadi skala prioritas adalah bantuan usaha ekonomi produktif kepada masyarakat kurang mampu serta rehabilitasi sosial seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, dan anak terlantar.

Termasuk rehabilitasi Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kecamatan Watopute. Menurutnya, kondisi TMP sudah memprihatinkan, dan sudah saatnya butuh perhatian pemerintah.

“Karena Taman Makam Pahlawan itu menjadi gawean pemerintah pusat, maka melalui Mensos kita usulkan untuk segera direhab. Bukan makamnya yang direhab ya! Tapi sarana prasarana pendukung di dalamnya.”

“Misalnya papan nama-nama pahlawan yang dimakam di situ sudah mau rubuh. Termasuk gedung persinggahannya, yang di samping itu, sudah lapuk-lapuk. Sudah harus direhab,” kata Rusman.

Penulis: Jumaddin Arif

Facebook Comments

IKLAN

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More