BERITA UTAMA

Ombudsman Sultra Apresiasi Pelayanan di Puskesmas Puuwatu

Ombudsman Sultra Sidak di Puskesmas Puuwatu
63

panjikendari.comOmbudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi sistem pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Puuwatu.

Pasalnya, pelayanan kesehatan di Puskesmas Puuwatu masuk dalam kategori baik. “Secara umum pelayanannya sudah bagus, fasilitas kamar perawatan sudah cukup baik,” ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo, usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Puskesmas Puuwatu, Jumat, 27 Juli 2018.

Menurut Mastri, inspeksi di Puskesmas tersebut dimulai pukul 07.58 WITA. Pelayanan di loket pendaftaran sudah mulai berjalan. Proses antrian sudah menggunakan sistem komputerisasi. Pasien pun terlihat mendapat pelayanan dengan baik.

Pasien dan masyarakat yang dilayani bukan hanya warga Kota Kendari, melainkan juga masyarakat dari Kabupaten Konawe khususnya Kecamatan Sampara dan sekitarnya.

“Ada pasien rawat inap yang sempat ditemui merasa nyaman dan tidak ada keluhan,” tutur Mastri.

Hanya memang, kata Mastri, ruang tunggu pasien ataupun masyarakat yang hendak datang berobat masih sempit dan perlu diperluas.

Saat sidak, Mastri Susilo didampingi Kepala Tata Usaha Puskesmas Puuwatu, Haris. Sepanjang koridor dan kamar tidak tercium bau obat.

“Itu menandakan kebersihan terjaga dengan baik. Seandainya sistem pelayanan seperti ini diterapkan di semua layanan kesehatan, terutama rumah sakit, maka masyarakat tidak sungkan untuk datang berobat atau datang melakukan pemeriksaan kesehatan,,” kata Mastri.

Imformasi yang diperoleh Ombudsman Sultra, terdapat 3 dokter umum yang bertugas di sana, ditambah paramedis swkitar 73 org. Belum termasuk honorer.

Mobil ambulans, kata dia, ada 2 unit dalam keadaan baik dan 1 unit rusak. Gudang Farmasi Kota Kendari berada dibelakang Puskesmas Puuwatu.

Saat Ombudsman Sultra menyambangi gudang tersebut, baru 1 orang pegawai yang ada. Gudang Farmasi ini memberikan layanan obat untuk kebutuhan obat di seluruh Puskesmas di Kota Kendari.

Mastri menjelaskan, kegiatan sidak kali ini untuk memastikan sistem pelayanan publik di Puskesmas Puuwatu.

Ombudsman Sultra, kata dia, berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas penyelenggaran pelayanan publik di segala bidang agar masyarakat memperoleh keadilan, rasa aman, dan nyaman serta kesejahteraan yang semakin baik. (jie)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!