Ombudsman Sultra Sidak di Pelabuhan Torobulu
Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra, Mastri Susilo, saat melakukan sidak di Pelabuhan Torobulu, jelang Idulfitri 1439 H lalu.

panjikendari.com – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) pusat, Kamis, 5 Juli 2018, memberikan penghargaan kepada lima perwakilan ombudsman daerah yang aktif melakukan pemantauan terhadap pelayanan mudik lebaran Idulfitri 1439 H.

Salah satu dari lima ombudsman perwakilan daerah yang mendapat penghargaan tersebut adalah Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Anggota Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya, kepada panjikendari.com, menyampaikan, semua perwakilan ombudsman di daerah melakukan pemantauan dan pengawasan pelayanan publik selama nuansa Idulfitri kemarin.

Namun menurut dia hanya lima perwakilan yang paling aktif melakukan kegiatan pemantauan di lapangan. “Iya, pimpinan Ombudsman RI mengapresiasi perwakilan yang aktif selama lebaran kemarin,” kata Dadan, melalui pesan WhatsAppnya, Kamis, 5 Juli 2018.

Lima Ombudsman perwakilan yang mendapat penghargaan tersebut adalah Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, dan Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara.

Dadan mengakui, penghargaan tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk support dalam meningkatkan kinerja Ombudsman di daerah. “Iya betul. Setiap perwakilan kan dituntut untuk bagus kinerjanya,” ujar Dadan.

Ia memaparkan, kepemimpinan Ombudsman periode ini mencoba mendorong kinerja perwakilan dengan pendekatan lumba-lumba (Dolphin Way), yaitu, bagi mereka yang berprestasi tertentu diberikan apresiasi.

“Lumba-lumba kan kalo habis atraksi dikasih makanan ikan. Lain dengan pola Elephant Way (Pendekatan Gajah). Gajah, untuk melakukan atraksi tertentu ditakut-takuti oleh pawangnya pake palu yang diketuk-ketuk di bagian kepalanya,” katanya.

Menurut Dadan, apresiasi kepada perwakilan ombudsman yang aktif selama suasana lebaran baru diberikan pada tahun ini.

Ia berharap, masalah-masalah pelayanan publik yang ditemukan ataupun dilaporkan selama masa pengawasan lebaran dapat ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan prosedur yang ada agar kedepan tidak terulang lagi.

Pada kesempatan itu, Dadan menyampaikan, apresiasi dan support kepada ombudsman di daerah bukan hanya kali ini.

“Apresiasi pimpinan terhadap perwakilan sudah banyak. Diantaranya yaitu 10 besar penyelesaian laporan pengaduan masyarakat. Juga ada perwakilan yang mendapatkan apresiasi karena laporan masyarakatnya tertinggi penyelesaiaannya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Tenggara, Mastri Susilo, berterima kasih kepada ketua dan pimpinan ombudsman RI yang telah memberikan penghargaan sebagai apresiasi kepada ombudsman perwakilan Sultra.

“Apa yang diperoleh ini adalah berkat kerjasama seluruh tim ombudsman Sultra yang kompak dan memiliki dedikasi dalam menjalankan tugas.”

“Semoga ini menjadi pemicu, penyemangat dan motivasi bagi diri saya dan seluruh insan ombodsman Sultra untuk terus menjalankan misi pengawasan pelayanan publik di Sultra, demi meningkatkan kualitas layanan publik di semua sektor, baik di level provinsi maupun kabupaten,” kata Mastri.

Mantan Ketua HMI Cabang Kendari ini juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan media yang telah membantu tugas-tugas ombodsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di daerah ini.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam melaporkan setiap kejadian yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran penyelenggaraan pelayanan publik,” lanjut Mastri.

Kepala perwakilan ombudsman Sultra yang baru dilantik 5 Juni 2018 ini mengatakan, informasi atau laporan masyarakat serta temuan yang diperoleh di lapangan akan ditindaklanjuti dengan mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas pelanggaran-pelanggaran dimaksud.

“Tanggal 9 Juli 2018, Perwakilan Ombudsman akan mengundang stakeholder untuk melakukan evaluasi secara bersama-sama atas temuan-temuan hasil sidak lebaran termasuk laporan masyarakat sehingga ada perbaikan terhadap layanan publik,” tutup Mastri. (jie)

Beri Komentar