panjikendari.com – Guna membangkitkan semangat menghafal Alquran di kalangan generasi muda, Pemerintah Kota Kendari meluncurkan (launching) program 1.000 hafiz.

Wali Kota Kendari, Sulkrnain Kadir, menjelaskan, semangat menghafal Alquran di tengah masyarakat saat ini sedang tumbuh dan berkembang sehingga Pemerintah Kota Kendari ingin merespons semangat itu melalui sebuah program.

“Hari ini kita launching 1.000 hafiz, kita ketahui semangat untuk menghafal Alquran ini kan sedang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat sehingga kami pemerintah ingin merespons ini dengan baik, memberikan dorongan dan dukungan,” terang Sulkarnain, usai membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kota Kendari, Rabu, 13 Februari 2019.

Ketua PKS Kota Kendari ini mengatakan, melalui program 1.000 hafiz ini, pemerintah kota menargetkan lahirnya hafiz-hafiz yang menjadi kebanggan masyarakat dan pemerintah.

“Kita bisa bayangkan kalau kemudian, tidak usah banyak-banyak, satu persen saja dari jumlah penduduk kita ini yang hafal Alquran kita bisa rasakan nanti suasananya. Kan ini perintah Allah SWT, bahwa jika kita ingin berkah hidup kita, yah kita dekat dengan Alquran,” katanya.

Menurut Sulkarnain, dalam rangka mendorong dan mendukung program 1.000 hafiz ini, pemerintah akan memfasilitasi agar program-program seperti ini terus bisa digalakkan.

“Karena kan dulu, yah, ada kesan bahwa kalau anak-anak nyantri, mondok, kayak kumuh gitu, kayak tidak menjadi prioritas. Tapi dengan kita berikan dukungan, harapannya pemahaman itu menjadi hilang berubah,” tuturnya.

Ia berharap, program 1.000 hafiz ini dapat meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan kualitas generasi muda dalam menghafal dan memahami apa yang terkandung dalam Alquran. (jie)

Beri Komentar