KEBUDAYAAN

Kabupaten Muna Target Juara MTQ Provinsi

Bupati Muna, LM Rusman Emba menyerahkan piala bergilir pada Camat Duruka, Herman sebagai juara umum MTQ. (Foto : Kinong)
BAGI BERITA:

panjikendari.com, Muna – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII tingkat Kabupaten Muna tahun 2019 yang dipusatkan di Kecamatan Tongkuno Selatan (Tongsel), Senin malam, 27 Januari 2019, tuntas dilaksanakan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu pekan itu resmi ditutup Bupati Muna, LM Rusman Emba. Kecamatan Duruka tampil sebagai juara umum dalam iven religi tahunan itu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Muna mengatakan, MTQ adalah salah satu sarana yang dapat membawa manfaat dan maslahat. Apalagi jika ajaran yang terkandung didalamnya, mampu diaktualisasikan dalam kehidupan hari-hari . “Alquran adalah pedoman hidup,” katanya.

Membaca Alquran tidak hanya mendatangkan pahala. Tetapi banyak memberikan manfaat. Otak akan bekerja yang bisa menjadi cerdas. “Tanpa kita sadari membaca Alquran akan membangun sistematika berpikir yang sistematis, yang memadukan antara imajinasi dan logika, antara keindahan dan moralitas, antara otak kiri dan otak kanan. Ketika seseorang berpikir seperti ini, yang bersangkutan akan menjadi lebih cerdas dan seimbang dalam hidupnya,” ucapnya.

advertisement

Melihat potensi dan kualitas para qori dan qoriah, Rusman optimis Kabupaten Muna bisa tampil maksimal dalam iven serupa tingkat provinsi. Bupati yang juga mantan Ketua DPRD Sultra itu menargetkan Muna menjadi juara umum dalam MTQ tingkat Provinsi. Sultra. “Para jawara akan menjadi perwakilan Muna di MTQ Provinsi, dan kita target juara umum,” katanya.

BACA JUGA:  Lestarikan Budaya Lokal, Muna Barat Gelar Festival Modero

Untuk tahun-tahun kedepan, pelaksanaan MTQ du Kabupaten Muna akan digilir di tiap kecamatan. Misalnya tahun 2020 yang menjadi tuan rumah adalah Kecamatan Loghia. “Kita akan gilir tiap kecamatan dengan tujuan untuk mengajak umat muslim lebih mendekatkan diri dengan Alquran,” tukasnya.

Penulis: Kinong
Editor : Sarfiayanti

Beri Komentar
   

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!