POLITIK

DPTHP-2 Kota Kendari Mencapai 209.651 Pemilih

Komisioner KPU Kota Kendari memimpin Rapat Pleno penetapan DPTHP-2 pada Pemilu 2018 tingkat Kota Kendari.
105

panjikendaru.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menetapkan Daftar Pemilih Tetap Perbaikan Kedua (DPTHP-2) melalui forum Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTHP-2 berlangsung di Hotel Fortune Front-One, Anduonohu, Kendari, Senin, 12 November 2018.

Melalui forum tersebut ditetapkan jumlah DPTHP-2 mencapai 209.651 pemilih dengan rincian laki-laki sebanyak 103.449 pemilih dan perempuan sebanyak 106.203 pemilih.

Jumlah DPTHP-2 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan jumlah DPT maupun DPTHP-1. Jumlah DPT Kota Kendari yang ditetapkan 20 Agustus 2018 lalu berjumlah 188.224 pemilih, dengan jumlah laki-laki 93.040 pemilih dan perempuan 95.184, sedangkan jumlah pemilih dalam DPTHP-1 yang ditetapkan 13 September lalu berjumlah 187.797 dengan rincian laki-laki 92.796 dan perempuan 95.001.

Peningkatan jumlah pemilih DPTHP-2 terjadi karena masuknya pemilih baru melalui program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dan hasil verifikasi faktual data DP4 Non-DPT yang dikirimkan dari Dirjen Pencatatan Sipil Kemendagri.

Ketua Bawaslu Kota Kendari bersama perwakilan Parpol menerima berita acara hasil pleno penetapan DPTHP-2 Pemilu 2019 tingkat Kota Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh dalam sambutannya menjelaskan, penyempurnaan DPT hingga menjadi DPTHP-2 adalah upaya penyelenggara pemilu untuk mewujudkan data pemilih yang benar-benar valid, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Kesuksesan pertama Pemilu  adalah kesuksesan data, sehingga KPU Kota Kendari dan jajarannya berusaha  melakukan verifikasi faktual dengan baik terhadap data DP4 Non DPT yang diserahkan Dirjen Capil Kemendagri. Juga memastikan tak ada warga Kota Kendari yang tidak terdaftar dalam DPT melalui GMHP,” katanya.

Dalam upaya verifikasi data DP4 Non DPT yang diturunkan Dirjen Capil Kemendagri, sangat menguras tenaga dan pikiran jajaran KPU khususnya PPS dan PPK, karena data yang diturunkan cukup banyak yakni 52.556, dan waktunya sangat terbatas.

“PPS melakukan verifikasi terbatas terhadap data yang turun mulai tanggal 1 sampai 9  November. Dan data ini sebenarnya tidak akurat karena biar sudah meninggal 5 tahun lalu dan juga TMS masih muncul lagi. Sehingga pekerjaan terulang,” katanya.

Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPTHP-2 Tingkat Kota Kendari dipimpin Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh didampingi empat komisioner; Asril, Alasman Mpesau, La ndolili, dan Sri Marliyah Putri.

Rapat Pleno diikuti Bawaslu Kota Kendari, utusan dari Disdukcapil, PPK, dan Panwascam se-Kota Kendari, serta pimpinan Parpol peserta Pemilu 2019 tingkat Kota Kendari. (rilis)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!