panjikendari.com – Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana serta rombongan dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tanggal 1 hingga 2 Maret 2019.

Berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah provinsi Sultra, pemerintah Kota Kendari, bersama TNI/Polri. Bukan hanya persiapan pengamanan, melainkan juga persiapan pawang hujan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemprov Sultra, Kusnadi, mengakui, dalam rangka ‘mengamankan’ kunjungan Presiden Jokowi dari cuaca yang ekstrem, pihak Pemprov telah menyiapkan tenaga pawang hujan.

“Ada (pawang hujan). Saya belum tahu jumlahnya, tapi banyak sekali,” aku Kusnadi, kepada jurnalis panjikendari.com, Kamis, 28 Februari 2019.

Menurut Kusnadi, tenaga pawang hujan tersebut akan bekerja mulai Jumat besok 1 Maret 2019. Tugasnya menghalau hujan dengan keahlian khusus yang mereka miliki masing-masing.

Ia pun tidak dapat memungkiri bahwa peranan pawang hujan sangat penting untuk menyukseskan agenda kenegaraan seperti ini, apalagi saat ini bertepatan dengan musim hujan.

Kusnadi tidak menyebutkan berapa anggaran yang disiapkan untuk membiayai pawang hujan. Pastinya, dia berharap, keberadaan pawang hujan diharapkan dapat membantu agar agenda-agenda penting Presiden Jokowi di Kota Kendari tidak terhalang hanya karena hujan.

Beberapa agenda penting Jokowi di Kota Kendari adalah menyerahkan secara simbolis 2.000 sertifikat tanah kepada masyarakat tiga kabupaten/kota di Sultra.

Sebelum agenda penyerahan sertifikat, pada Sabtu pagi, 2 Maret 2019, Jokowi akan melakukan jalan santai bersama masyarakat. Setelah itu meninjau Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Sodoha, dan meresmikan Pelabuhan New Port Pelindo.

Jokowi rencananya akan tiba di Kendari pada Jumat sore 1 Maret 2019, setelah menghadiri panen raya jagung di Gorontalo. (jie)

Beri Komentar