panjikendari.com – Sebuah longboat nelayan  Wanci dilaporkan  mengalami mati mesin di perairan karang Kaledupa, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Pada pukul 18.05 WITA terima laporan dari pak Boy, salah seorang keluarga korban bahwa pada pukul 17.36 WITA satu buah longboat nelayan Wanci mengalami mati mesin di perairan karang Kaledupa sekitar 22 NM dari Pos SAR wakatobi dgn POB 1 org An. Sadara/Laki/48thn,” tulis Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, dalam pesan WhatsApp-nya.

Berdasarkan laporan tersebut, kata Wahyudi, pada pukul 18.10 WITA Tim Rescue Pos SAR Wakatobi dengan menggunakan RIB diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah  (TKM) untuk memberikan bantuan SAR.

Alhasil, pada pukul 24.00 WITA, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi berhasil menemukan longboat milik nelayan wanci tersebut di sekitar perairan karang Kaledupa, bersama korban yang dalam kondisi sakit. Korban bersama longboat-nya langsung dievakuasi ke RIB pos SAR Wakatobi.

Pada pukul 00.30 Wita, lanjut Wahyudi, RIB bersama korban sandar di Pelabuhan Perikanan Numana dan telah diserahkan kepada pihak keluarga untuk selanjutnya diberikan perawatan terhadap sakitnya.

“Dengan ditemukannya longboat yang dilaporkan mati mesin tersebut, Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup,” tutup Wahyudi seraya melaporkan bahwa tinggi gelombang laut selama proses evakuasi mencapai 2,5 sampai 3 meter.

Penulis: Jumaddin Arif

Beri Komentar