OPINI

Kuda dan Lambang Daerah Kabupaten Muna

90

Oleh: La Ode Muhammad Ramadan
(Pegawai Dinas Perikanan Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara)

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus.

Hewan ini (sejak lama) merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan.

Dalam aspek kebudayaan manusia, kuda dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan dan kekuatan.

Di Kabupaten Muna, Kuda menjadi salah satu unsur dalam lambang daerah. Pada lambang daerah Kabupaten Muna, terdapat dua ekor kuda jantan dalam keadaan siap siaga menerkam lawan.

Kuda jantan dalam lambang daerah tersebut merupakan simbol yang menunjukkan kesiapan seluruh elemen di Kabupaten Muna dalam mengahadapi segala tantangan. Selain itu, simbol Kuda jantan juga menunjukkan keberanian mengalahkan musuh, termasuk mengalahkan hawa nafsu.

Terpilihnya kuda jantan sebagai salah satu unsur dalam lambang daerah tersebut bukan tanpa dasar yang jelas. Sejak zaman dahulu, masyarakat yang menghuni dan mendiami Pulau Muna diketahui sudah memelihara (beternak) kuda dan memiliki keahlian khusus dalam hal pemeliharaan ternak kuda.

Kuda yang diternakan oleh masyarakat Muna saat itu diperuntukan bagi kemudahan (membantu) berbagai keperluan dan aktivitas pemilik ternak, termasuk untuk kegiatan atraksi budaya seperti pacuan kuda dan perkelahian kuda.

Pacuan kuda dan perkelahian kuda saat itu merupakan salah satu kegiatan spesifik dari masyarakat Muna saat menyambut tamu penting dari luar daerah atau saat adanya upacara resmi.

Namun beberapa tahun terakhir, kegiatan tersebut sudah jarang dilakukan, bahkan tidak pernah lagi diadakan. Bukan itu saja, populasi Kuda di Kabupaten Muna sudah teracam punah.

Mengingat salah satu unsur dari lambang daerah Kabupaten Muna adalah kuda, maka populasi kuda di Kabupaten Muna semestinya tidak sulit ditemukan.

Sudah selazimnya jika di Kabupaten Muna terdapat penangkaran kuda atau terdapat kelompok-kelompok masyarakat yang beternak kuda. Dengan demikian, kuda tidak hanya terdapat pada lambang daerah, namun juga mudah ditemukan didaratan Kabupaten Muna. (**)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!