OPINI

Peluang Investasi di Pulau-Pulau Kecil Kabupaten Muna

89

Oleh: La Ode Muhammad Ramadan
(Pegawai Dinas Perikanan Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara)

Investasi merupakan salah satu alat penggerak pembangunan dan indikator penentu dalam mempercepat laju pertumbuhan, khususnya wilayah pulau-pulau kecil yang ada di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Terkait hal itu, pulau-pulau kecil di Kabupaten Muna sangat membutuhkan investasi, baik itu investasi publik, swasta (investor), maupun pemerintah untuk penyediaan prasarana dan sarana dasar.

Dengan meningkatnya investasi, maka akan mendorong pergerakan sektor-sektor potensial di pulau-pulau kecil Kabupaten Muna dan secara langsung maupun tidak langsung dapat menciptakan multiplier effect.

Beberap prospek yang dimiliki oleh pulau-pulau kecil di Kabupaten Muna dan menjdi peluang investasi yakni terkait potensi magrove, lamun, terumbu karang, sumberdaya ikan, energi kelautan, dan jasa-jasa lingkungan.

Potensi-potensi tersebut membuka peluang bagi investasi dibidang konservasi, pendidikan, penelitian, budidaya laut, pariwisata, usaha dan industri perikanan secara lestari.

Sumberdaya ikan di pulau-pulau kecil Kabupaten Muna merupakan salah satu potensi yang cukup menjanjikan. Pengelolaan sumberdaya ikan di pulau-pulau kecil seringkali menimbulkan konflik, demikian pula dengan pemanfaatan potensi perikanan sering menimbulkan masalah.

Untuk memperoleh manfaat optimal dari pendayagunaan sumberdaya perikanan tersebut, maka investasi dibidang pembangunan perikanan dan kepariwisataan bahari menjadi salah satupeluang untuk diterjemahkan dalam konsep yang lebih terpadu berdasarkan prinsip-prinsip blue economy.

Konsep dimaksud adalah minawisata pulau-pulau kecil di Kabupaten Muna yang nantinya dikembangkan pada gugusan pulau-pulau kecil yang memiliki potensi dan peluang pengembangan wisata bahari dan perikanan, termasuk di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Kabupaten Muna.

Eksistensi sumberdaya ikan yang saling menyatu dengan ekosistem pulau kecil dan potensi wisata bahari menjadi sebah kekuatan dan nilai jual terhadap program investasi minawisata.

Selain peluang investasi dibidang minawisata, potensi yang dimiliki oleh pulau-pulau kecil di Kabupaten Muna juga membuka peluang untuk investasi dibidang wisata alam (Nature Tourism) yang merupakan aktivitas wisata yang ditujukan pada pengalaman tehadap kondisi alam atau daya tarik panoramannya; wisata budaya (cultural tourism) yang merupakan wisata dengan kekayaan budaya sebagai objek wisata dengan penekanan pada aspek pendidikan; serta ekowisata (ecotourism, green tourism, altenatif tourism) yang merupakan wisata yang berorientasi pada lingkungan untuk menjembatani kepentingan perlindungan sumberdaya alam atau lingkungan dan industri kepariwisataan. (**)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!