HUKUM

Demi Timnas di Piala AFF, Saddil Ramdani Sebaiknya Diberi Penangguhan Penahanan

Saddil Ramdani
1.106

panjikendari.com – Kasus Saddil Ramdani terus menjadi perhatian publik. Pesepakbola muda yang sudah berkontribusi membawa nama baik bangsa ini menjadi bahan perbincangan pecinta sepakbola tanah air.

Tanggapan datang cukup beragam. Ada yang menyayangkan kekerasan yang dilakukannya, ada juga yang memberikan dukungan moril kepadanya.

Salah seorang pemerhati asal Kabupaten Muna,  Sulawesi Tenggara, La Ode Muhram Naadu, menyampaikan, dalam kasus Saddil, langkah hukum yang patut ia tempuh adalah penangguhan penahanan.

“Ini salah satu haknya saat ini. Saya dengar kabar bahwa akan diajukan penangguhannya, yah, semoga pengajuan penangguhan penahanannya disetujui oleh penyidik,” kata Muhram.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) ini mengatakan,  semua syarat obyektif untuk penangguhan penahanan terpenuhi, tetapi hal itu tetap melewati ranah subyektivitas penyidik.

La Ode Muhram Naadu

Menurut dia, Saddil harus mendapat dukungan dan penguatan dari elemen bangsa. Dukungan ini bukan hanya soal menghadapi Piala AFF 2018, sebab dia merupakan salah satu pemain kunci di Timnas Indonesia.

Tetapi, lanjut Muhram, itikad baik untuk menjalani proses hukum adalah cermin jiwa sportivitas Saddil di luar lapangan. “Ini Intinya. Ia mengakui kesalahan dan menjadikan ini sebagai pelajaran. Sebagai seorang figur publik, ia mencontohkan moral publik yang baik,” tambah Muhram.

Kata dia, banyak yang menganggap prestasi itu sekadar pencapaian. Padahal itu lebih pada proses. Jangan saat hebat saja dia dipuji, saat tersandung masalah dicaci.

“Poinnya adalah dia mau bertanggung jawab, dari mengupayakan perdamaian pada pihak korban, hingga ke tahap hukum. Coba lihat figur publik lainnya, sudah jelas salah malah banyak pembenaran,” tandasnya.

Selain itu, Muhram juga menyampaikan, terlepas dari masalahnya saat ini, Saddil juga mesti dilihat sebagai aset penting yang menjadi tulang punggung Timnas. Apalagi, Saddil sudah memiliki kontribusi membawa nama baik bangsa.

“Secara pribadi saya sangat mendukung Sadil Ramdani. Dia telah menunjukan itikad baik dalam mempertanggungjawabkan perbuatannya,” katanya.

Muhram mengajak pemuda dan masyarakat pecinta sepakbola untuk mendukung Saddil melewati proses hukum ini dengan jiwa sportivitasnya.

“Sembari berharap masalahnya lekas selesai dan terus berprestasi, menginspirasi, baik di lapangan maupun luar lapangan seperti ini. Dan kita berharap, Saddil diberikan kesempatan untuk memperkuat Timnas di ajang Piala AFF nanti,” harapnya.

Penulis: Jumaddin Arif

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!