IKLAN

skyscrapper iklan
skyscrapper iklan

Buton Tengah Berhasil Pertahankan Juara Lomba Desa Tingkat Provinsi

panjikendari.com – Selama dua tahun terakhir, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berhasil menjuarai lomba desa tingkat Provinsi Sulawsi Tenggara (Sultra).

Prestasi yang diraih dua kali berturut-turut ini diwakili Desa Lanto pada tahun 2017 dan ditahun 2018 diwakili Desa Lalibo yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Mawasangka Tengah.

IKLAN

Hal itu disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buteng, Arsidik Patola, kepada panjikendari.com, Selasa, 7 Agustus 2018.

Menurutnya, kedua desa tersebut berhasil keluar sebagai juara lomba desa di tingkat provinsi Sultra setelah melewati tahapan lomba desa dimulai dari tingkat kecamatan sampai kabupaten.

“Dimulai dari lomba desa dari tingkat kecamatan. Desa-desa yang ada di kecamatan mengikuti proses lomba untuk menjadi yang terbaik. Juara satu secara otomatis akan mewakili kecamatannya untuk mengikuti lomba desa di tingkat kabupaten,” katanya.

Ditahun 2018 ini, tambah Arsidik, lomba desa tingkat kecamatan dimulai Februari lalu. April dilaksanakan lagi lomba desa untuk tingkat kabupaten.

“Kala itu yang terbaik dari tujuh kecamatan yang ada adalah Kecamatan Masteng dan Desa Lalibo adalah juaranya. Atas dasar itu sehingga desa Lalibo mewakili Buteng diajang lomba desa tingkat Provinsi bulan Juni lalu,” ungkapnya.

Atas proses sesuai tingkatan lomba yang ketat tersebut, Buteng menghasilkan desa yang betul-betul siap dan pantas mewakili Kabupaten Buteng ke tingkat provinsi.

Lomba desa dilaksanakan untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan dalam mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayah serta usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasae tekad dan kekuatan sendiri.

Selain itu, lomba desa bertujuan untuk mengetahui capaian yang ada di desa dan kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kewilayahan, serta pembinaan masyarakat.

Pihaknya berharap, masyarakat Kabupaten Buteng senantiasa mendukung keberhasilan kedua desa tersebut menjuarai lomba desa ditingkat provinsi tersebut. (ari/jie)

Facebook Comments

IKLAN

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More