EKOBIS

Bupati Muna Usulkan Penambahan Landasan Pacu Bandara Sugimanuru

Bupati Muna Usulkan Penambahan Landasan Pacu Bandara Sugimanuru
Bupati Muna LM Rusman Emba
186

panjikendari.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah mengupayakan penambahan panjang landasan pacu Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengungkapkan bahwa usulan penambahan landasan pacu Bandara Sugimanuru sudah disampaikan ke Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

“Tinggal ditindaklanjuti saja. Saya sudah perintahkan Kepala Dinas Perhubungan (untuk ditindaklanjuti),” kata Rusman, saat ditemui di Kendari belum lama ini.

Menurutnya, panjang landasan pacu Bandara Sugimanuru sudah sepatutnya ditambah untuk meningkatkan kapasitas bandara, agar pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737 bisa mendarat.

“Bukan hanya pesawat propeller atau jenis ATR saja, tapi kita berharap jet juga bisa mendarat. Dengan begitu, mobilitas kunjungan ke tanah Muna bisa meningkat, karena dengan kapasitas bandara yang besar akan menghubungkan wilayah Muna dengan daerah lain yang selama ini belum terkoneksi melalui jalur udara,” terang Rusman.

Bandara, kata Rusman, memiliki peran vital bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan ekonomi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di daerah itu sendiri.

Apalagi, kata dia, Muna memiliki potensi keragaman pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi destinasi. “Olehnya itu, bandara menjadi fasilitas penunjang sektor pariwisata. Sebagai gerbang wisata bagi turis yang ingin datang ke Muna,” jelasnya.

Menyinggung soal Bandara Sugimanuru yang terletak di wilayah pemerintahan Muna Barat, Rusman menyampaikan, pengembangan bandara menjadi domain pemerintah pusat dalam hal ini Kemenhub.

Hanya saja, kata Rusman, keberadaan Bandara Sugimanuru sangat besar pengaruhnya dalam menunjang pembangunan di daerah yang dipimpinnya, terutama sektor pariwisata.

Karena itu, kata mantan senator DPD RI ini, Pemda Muna memiliki keinginan besar agar kapasitas bandara dapat ditingkatkan.

Namun demikian, dalam rencana penambahan landasan pacu dibutuhkan sinergitas dengan Pemda untuk menyediakan lahan.

“Saya kira kita tinggal koordinasikan saja dengan Pemda Muna Barat. Saya yakin, pak bupati Muna Barat sangat mendukung rencana ini demi kemajuan wilayah daratan Muna secara keseluruhan, termasuk Muna Barat,” harap Rusman.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muna, H La Ode Nifaki Toe, mengaku, penyampaian rencana penambahan landasan pacu Bandara Sugimanuru sudah masuk ke Kementerian Perhubungan.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan cek kembali bagaimana perkembangannya,” kata Nifaki.

Nifaki menyebutkan, panjang landasan (runway) Bandara Sugimanuru saat ini baru 1.200 meter. Rencananya akan ditambah menjadi minimal 2.400 meter.

Seperti yang disampaikan Bupati Muna Rusman Emba, rencana penambahan panjang landasan bandara, tutur Nifaki, akan dikoordinasikan dengan Pemda Muna Barat, termasuk pihak bandara.

Nifaki mengatakan, Pemda Muna yang sejak awal memiliki andil mendorong hingga Bandara Sugimanuru difungsikan kembali, menginginkan agar bandara tersebut dapat menjadi salah satu sarana pendukung dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Pulau Muna secara keseluruhan.

Penulis: Jumaddin Arif

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!