panjikendari.com – Bupati Muna LM Rusman Emba, Selasa 19 Februari 2019, meninjau progres pembangunan kawasan permukiman transmigrasi di Desa Raimuna, Kecamatan Maligano.

Dalam kunjungan itu, Bupati Muna didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Fajaruddin Wunanto, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Muna lainnya.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengaku ingin memastikan progres pembangunan rumah-rumah transmigran dan beberapa fasilitas lainnya, seperti, jalan, masjid, puskesmas pembantu (Pustu), rumah kepala unit, sekolah dasar (SD), dan fasilitas lainnya.

“Progresnya sangat luar biasa, cukup signifikan. Insya Allah bulan April (2019) sudah rampung. Dan rencananya akhir Juni atau awal Juli sudah mulai penempatan,” terang Rusman.

Mantan senator DPD RI ini menyebutkan, ada 100 unit rumah yang saat ini sementara dibangun, diperuntukkan bagi 100 kepala keluarga, baik transmigrasi lokal maupun transmigrasi daerah asal seperti Jawa, Bali, dan lain-lain. Anggaran pembangunannya bersumber dari dana tugas pembantuan pemerintah pusat.

Rusman mengatakan, dengan dibangunnya kawasan transmigrasi di Maligano diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Disamping itu, desa menjadi berkembang yang muaranya dapat mengentaskan kemiskinan.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Muna, Fajaruddin Wunanto, mengatakan, pembangunan permukiman transmigrasi di Raimuna yang mencapai progres antara 30 hingga 40 persen. Ia pun optimis, pembangunannya bisa rampung pada April 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, proyek tugas pembantuan pembangunan permukiman transmigrasi 100 unit rumah merupakan reward dari pemerintah pusat karena dianggap paling bagus dalam program serupa di tahun 2018.

“Tahun lalu kita mendapatkan alokasi penempatan transmigrasi 40 KK. Karena kita mendapat reward yang terbagus pembangunan tahun 2018, tahun ini kita dikasih 100 unit rumah.”

Selain pembangunan permukiman, lanjut dia, ada juga untuk pembangunan jalan, fasilitas umum, puskesmas pembantu, masjid, kantor unit, rumah petugas, balai desa, sekolah, embung, dan sebagainya untuk memenuhi syarat sebuah desa permukiman transmigrasi. (jie)

Beri Komentar