panjikendari.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat bahwa Pemilu 2019 tidak hanya tentang pemilihan pasangan presiden-wakil presiden saja. Melainkan juga ada pemilihan anggota legislatif mulai dari DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga DPR RI. Selain mengenal visi dan misi Capres-Cawapres, masyarakat juga perlu mengenali calon para wakilnya di berbagai tingkat legislatif.

“Memilih para wakil rakyat di tingkat legislatif tak kalah penting dibanding memilih pasangan presiden-wakil presiden. Karena di legislatif berbagai peraturan dirumuskan. Salah memilih wakil rakyat juga akan menyebabkan salah arah pembangunan,” tegas Bamsoet usai melakukan pengukuhan Saksi dan Kader Tempat Pemungutan Suara (TPS) Tim Bambang Soesatyo di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa malam, 19 Februari 2019.

Dari pagi hari hingga malam, Bamsoet mengukuhkan ribuan saksi dan kader TPS di tujuh Kecamatan di kawasan Dieng, Banjarnegara, antara lain Kecamatan Pandanarum, Kecamatan Kalibening, Kecamatan Karangkobar, Kecamatan Batur, Kecamatan Pejawaran dan Kecamatan Pagentan dan Kecamatan Wanayasa.

Sebelumnya hari Senin, 18 Februari 2019, Pengukuhan Calon Saksi/Kader TPS Timses Bamsoet #01 juga sudah dilaksanakan di tujuh Kecamatan di Banjarnegara antara lain: Sigaluh, Banjarnegara, Pangedongan, Banjarmangu, Madukara, Purwanegara dan Bawang.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila yang juga Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengajak masyarakat untuk aktif mengkaji track record para calon wakil rakyat. Bagi yang baru mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, bisa dilihat bagaimana peran dan keaktifannya dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Sedangkan bagi yang incumbent, dapat dlihat bagaimana kinerjanya selama duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga DPR RI.

“Jangan memilih wakil rakyat hanya karena diiming-imingi uang semata. Sebagai pemilik sah republik ini, kita harus menyadari bahwa kedaulatan rakyat tidak ada harganya, tidak bisa dinilai hanya dengan uang. Pilihlah para wakil rakyat yang mau bekerja keras membangun bangsa dan negara. Jangan pilih wakil rakyat yang kurang rekam jejak baiknya,” tutur Bamsoet.

Legislator Partai Golkar Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menilai dengan semakin meningkatnya kesadaran politik setiap warga negara, maka kedepannya partai politik tidak akan lagi mengajukan Caleg yang tidak jelas. Melalui Pemilu, rakyat bisa memberikan reward and punishment.

Para wakil rakyat yang sudah membuktikan kinerjanya, punya peluang terpilih kembali. Namun para wakil rakyat yang pemalas, jangan harap bisa kembali terpilih.

“Begitupun sebaliknya, jika masyarakat justru hanya terbuai dengan money politic tanpa melihat rekam jejak sang calon, jangan harap masa depan Indonesia menjadi lebih baik. Pilih dan menangkan orang-orang baik agar bisa menjadi para wakil rakyat yang baik dan membawa Indonesia lebih maju lagi,” pungkas Bamsoet. (nov/jie)

Beri Komentar