muliadin salenda

iklan

Kompleks Kantor Gubernur Sultra, Tempat Tepat Melepas Penat

panjikendari.com – Hari masih pagi. Titik embun belum beranjak dari dedaunan. Tak seperti hari biasa, di Minggu pagi, lalulintas di kompleks Bumi Praja Anduonohu terlihat begitu lengang.

Beberapa remaja tampak berlari-lari kecil di poros jalan perkantoran. Ada juga yang hanya berjalan kaki. Hanya satu dua kendaraan bermotor yang melintas. Yah, jalan raya di akhir pekan memang tak seramai di hari kerja.

Memasuki kompleks perkantoran Gubernur Sulawesi Tenggara, suasana ramai terlihat. Banyak warga yang memanfaatkan pekarangan dan hutan sejuk yang berada di pelataran kantor orang nomor satu di Sultra itu, sebagai tempat berolahraga.

Ada yang senam, ada yang aerobic, jogging, bersepeda, bermain bola, bersepatu roda atau hanya sekedar berjalan-jalan mengitari halaman kantor yang luas, sejuk, dan asri.

Pengunjung yang datang bersama pasangan atau keluarga, tak lupa menyempatkan diri mengambil gambar diri berlatar kantor ataupun objek-objek menarik yang ditata apik di sepanjang lintasan pintu masuk dan pintu keluar kantor.

Halaman dan hutan di pekarangan kantor Gubernur Sultra memang indah. Tidak heran jika spot ini mulai dilirik masyarakat Kota Kendari sebagai salah satu pilihan lokasi untuk meregangkan saraf-saraf setelah sepekan bergelut dengan aktivitas kantor atau di rumah.

Bunga-bunga terlihat cantik tertata dalam taman. Lintasan yang sepertinya sengaja didesain untuk jogging dan bersepeda, semakin membuat warga betah untuk berlama- lama menghabiskan waktu di lokasi itu. Kompleks kantor gubernur Sultra memang menjadi tempat tepat untuk melepas penat.

Belum lagi hutan pinus yang terletak di sisi kiri-kanan kantor, menciptakan pemandangan yang berbeda di sudut Kota Kendari. Hutan pinus itu sering dimanfaatkan warga untuk menjadi lokasi foto prewed, atau back ground foto bagi kelompok anak muda yang hobi berselfie.

iklan

Tak jarang juga, tegakan pinus tersebut menjadi laboratorium pendidikan atau objek penelitian para mahasiswa, khususnya mahasiswa kehutanan.

Tentu saja, pengunjung di hari Minggu juga tak melewatkan kesempatan untuk mencari fokus yang menarik untuk mengabadikan diri di hutan pinus yang asri itu. Meski rata-rata hanya menggunakan kamera handphone untuk mengambil gambar, namun warga terlihat sangat menikmati kesejukan dan keindahan yang ditawarkan dari rancangan pekarangan kantor gubernur Sultra yang begitu luas itu.

Dibandingkan dengan Taman Kantor Wali Kota Kendari, memang pengunjung di areal kantor Gubernur Sultra masih kalah ramai. Namun, kesejukan yang ditawarkan dari rindangnya pepohonan dan sejuknya desiran angin, membuat warga yang berkunjung ingin datang kembali berolahraga di lokasi itu.

Yanti, salah seorang pengunjung mengaku sangat senang dapat menikmati akhir pekannya bersama keluarga kecilnya di kompleks perkantoran Bumi Praja.

Selain karena sejuk, lokasinya juga aman untuk tempat bermain anak. Areal yang begitu luas, membuat anak- anak bebas berlarian.

“Saya baru pertama jogging di tempat ini, dan ternyata sangat menyenangkan. Udaranya sejuk, pohonnya rindang, viewnya juga bagus,” katanya.

Tentu saja keindahan yang ada tidak membuat ibu dua anak itu lupa untuk berselfie. “Pemandangannya bagus, lokasinya juga sangat strategis di sudut kota,” tambahnya.

Kepada panjikendari.com, Efendi, salah seorang Pol PP yang sedang bertugas melakukan pengawasan di areal kantor mengatakan, keramaian seperti itu terlihat setiap Sabtu dan Minggu. Tidak ada larangan khusus bagi pengunjung, namun diimbau untuk tetap menjaga keamanan dan kebersihan.

“Tidak ada larangan untuk sekedar jalan-jalan atau berolahraga di tempat ini. Selama pengunjung dapat menjaga keamanan dan kebersihan, silakan saja dimanfaatkan. Namun, harus tertib memarkir kendaraan dan tidak merusak fasilitas ataupun taman yang sudah tertata,” tutupnya. (fya/jie)

iklan

Anda mungkin juga berminat
Comments
Loading...