Ketua DPD Geomaritim Sultra Sumitro Sarta.

panjikendari.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Poros Maritim (Geomaritim) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung rencana Gubernur Sultra Ali Mazi menjadikan Konawe Kepulauan sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan.

Ketua DPD Geomaritim Sultra, Sumitro Sarta, mengatakan, gagasan Gubernur Sultra untuk menjadikan Konkep sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan mesti di-support karena berorientasi pada pembangunan ekonomi yang berbasis lingkungan dan ketahanan ekologis.

DPD Geomaritim Sultra meminta kepada Pemprov untuk lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan pembangunan daerah khususnya pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam yang tersedia.

“Sebab, jika terjadi kekeliruan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka sama halnya kita menitipkan penderitaan kepada generasi mendatang,” kata Sumitro, Kamis, 7 Maret 2019.

Sumitro menyampaikan, DPD Geomaritim Sultra pada dasarnya memahami bahwa falsafah pembangunan tidak hanya berada pada bentuk pemikiran yang berorientasi pada ekonomi semata, tapi juga harus berorientasi pada pembangunan ekonomi yang berbasis lingkungan dan ketahanan ekologis.

“Sehingga inilah yang kami maksud agar pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara untuk berhati hati dalam melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada,” katanya.

Sehubungan dengan itu maka DPD Geomaritim Sultra mendukung rencana Pemprov Sultra yang akan menjadikan Konkep sebagai kawasan khusus pembangunan perikanan dan kelautan.

Olehnya itu, Sumitro mendesak Pemprov Sultra agar secepatnya melakukan kajian dan implementasi strategis tentang pemetaan potensi kemaritiman perikanan dan kelautan di Sultra, meliputi, pemetaan zona konservasi dan pariwisata serta zona pemanfaatan dan pengelolaan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat beserta regulasinya.

Ia juga meminta kepada Pemprov Sultra untuk tidak menjadikan jazirah Sultra sebagai bumi pertambangan semata, mengingat Sultra adalah wilayah maritim dan kepulauan.

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Pemprov Sultra, kata Sumitro, DPD Geomaritim Sultra akan membuat langkah-langkah strategis terkait dengan isu pertambangan di Konkep yang secara umum banyak merugikan masyarakat Konkep sendiri daripada manfaat yang didapat.

“Apalagi Konkep hanyalah pulau kecil yang sangat tidak tepat tepat untuk dilakukan pertambangan. Sehingga kami anggap perlu untuk mendiskusikan masalah ini ke Dewan Pengurus Pusat Geomaritim agar menjadi bahan evaluasi, untuk selanjutnya di-audiensi-kan dengan kementerian terkait, termasuk rencana Pemprov Sultra menjadikan Konkep sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan,” katanya.

Senada dengan itu, Sekretaris DPD Geomaritim Sultra, Jain Umar, mendukung rencana Pemprov untuk menjadikan Konkep sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan.

Kata Jain, Konkep yang terdiri atas pulau-pulau kecil menyimpan banyak potensi kelautan dan perikanan yang jika dikelola dengan baik akan meningkatkan perekonomian masyarakat, ketimbang tambang yang hanya menyengsarakan rakyat.

Dalam rangka membantu mewujudkan niat baik Gubernur Sultra Ali Mazi dalam mengembangkan wilayah Konkep sebagai kawasan khusus perikanan dan kelautan, DPD Geomaritim Sultra akan mendukung rencana baik Pemprov Sultra. (jie)

Beri Komentar