TIPS

Dampak Negatif Kelebihan Minum Kopi

Efek Kelebihan Minum Kopi
92

panjikendari.com – Dampak Negatif Kelebihan Minum Kopi – Kebanyakan minum kopi memang sangat banyak akibatnya serta menimbulkan gejala negatif untuk tubuh manusia padahal banyak sekali orang yang menyukai minum kopi agar dapat bertahan sampai larut malam.

Dalam kegiatan masyarakat maupun untuk kegiatan bekerja tentu minum kopi adalah solusi terbaik, namun di balik manfaatnya yang hanya sedikit, kopi memiliki dampak negatif yang lebih banyak serta lebih berbahaya dibandingkan minuman lainnya.

Oleh karena itulah hindari mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Memang minum kopi perlu untuk kesehatan tubuh manusia tetapi jika berlebihan maka akan berdampak negatif bagi tubuh manusia.

Kopi memang sudah seperti bagian dari kehidupan manusia karena sering dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari bahkan secara rutin dikonsumsi oleh masyarakat.

Kopi sering dikonsumsi ketika sedang nongkrong bersama teman maupun keluarga, dan minum kopi ini sebenarnya memiliki manfaat positif bagi tubuh manusia tetapi selain itu juga berdampak negatif bagi kesehatan manusia pada saat mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Minum kopi memang salah satu hal yang dapat bermanfaat bagi tubuh manusia tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau berlebihan justru malah tidak baik bagi tubuh.

Untuk itulah kenali akibat akibat dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan agar dapat mengurangi kopi dalam sehari hari.

Berikut beberapa akibat bila kebanyakan minum kopi :

1. Sembelit pada perut

Salah satu dampak bila kebanyakan minum kopi adalah dapat mengakibatkan sembelit atau konstipasi karena kandungan kopi dapat membuat feses manusia menjadi keras serta padat. Karena itulah terjadi sembelit serta susah buang air besar maka kita harus mengurangi mengkonsumsi kopi agar dapat sehat.

2. Meningkatkan asam lambung

Kebanyakan minum kopi dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh karena kopi memiliki salah satu sifat yaitu asam yang akan memicu meningkatnya tingkat keasaman pada lambung.

Asam lambung bisa meningkat jika orang mengkonsumsi kopi pada saat perut kosong. Karena itu sebelum minum kopi alangkah baiknya jika mengisi perut agar tidak kosong dengan makanan bukan dengan kopi.

3. Meningkatkan resiko gangguan pada mata

Salah satu akibat dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan adalah dapat meningkatkan resiko gangguan pada fungsi organ mata karena kandungan kafein dari kopi dapat mengganggu sistem kerja mata apalagi untuk orang-orang yang menderita glaucoma serta memiliki riwayat keluarga yang menderita glaucoma agar menghindari mengkonsumsi kopi sebab kadar kafein pada kopi dapat meningkatkan aliran darah kepada bola mata sehingga bola mata akan mengalami peningkatan tekanan atau tekanan intra ocular.

4. Meningkatkan detak jantung

Gejala dari sering mengkonsumsi kopi adalah salah satunya dapat meningkatkan detak pada organ tubuh jantung karena kerja dari kafein yang dapat meningkatkan aliran darah yang mengalir ke jantung dan mengakibatkan jantung berdetak lebih kencang di atas detak jantung normal.

Oleh sebab itulah kopi tidak dianjurkan untuk orang-orang yang menderita sakit jantung atau memiliki riwayat penyakit jantung karena akan memicu kembali penyakit jantung.

5. Insomnia atau susah tidur

Meminum segelas kopi pada malam hari menambah daftar resiko dampak negatif kopi bagi kesehatan karena minum kopi pada malam hari dapat mengakibatkan insomnia atau susah tidur. Hal ini terjadi karena system kerja kafein membuat jantung dan otak dalam keadaan siaga. (*)

Penulis: Nanda Yollanda

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!