TIPS

Cara Menjaga Kekebalan Tubuh Selama Bulan Puasa

32

panjikendari.com – Puasa merupakan kewajiban setiap muslim. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan cairan selama lebih dari 12 jam.

Hal ini dapat mengakibatkan rentannya sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, sistem kekebalan tubuh harus senantiasa dijaga agar ibadah puasa bisa dijalankan dengan baik.

Seperti dikutip melalui Tribunnews.com, ada beberapa cara menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu:

1. Tidur yang cukup

Selama bulan puasa, waktu tidur memang berkurang dari biasanya. Untuk itu, manfaatkan waktu tidur sebaik-baiknya. Jangan tidur larut malam karena sangat berpotensi menurunkan sistem kekebalan tubuh secara sigfnifikan.

2. Minum air yang cukup

Delapan gelas perhari merupakan kebutuhan cairan tubuh kita. Minumlah 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas sebelum tidur. Hal ini dapat menjaga tubuh dari kekurangan cairan yang dapat memicu turunnya sistem imun kita.

3. Jangan Merokok!

Selain bau, kandungan yang ada dalam rokok dapat memicu kerja jantung, pembukluh darah, dan sistem pernafasan menjadi lebih ekstra. Ini bisa merusak organ vital tubuh dan otomatis sistem imun menurun.

4. Konsumsi vitamin D

Vitamin D dapat diperoleh dari jamur, susu, telur, keju, minyak ikan kod, dan lainnya. Jangan sampai kekurangan vitamin D karena dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah, lemas dan mudah sakit.

5.Olahraga teratur

Luangkan waktu 15-30 menit waktu Anda untuk olahraga. Olahraga dapat membantu menjaga sistem imun tubuh dan menjadikan tubuh kuat untuk melawan berbagai virus dan bakteri.

6. Konsumsi multivitamin

Tidak hanya vitamin D, tubuh juga membutuhkan Vitamin A,B,C,E,K, asam amino, asam folat dan lain sebagainya. Konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan agar nutrisi tubuh tetap terjaga dan sistem imun meningkat dan terjaga. (*)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!