TIPS

Cara Mengobati Penyakit Gondongan pada Anak

Cara mengobati penyakit gondongan pada anak
122

panjikendari.com – Mengobati penyakit gondongan pada anak dapat dilakukan dengan cara medis dan herbal. Obat didapatkan dengan mudah di pasaran. Mengobati penyakit gondongan bisa juga dengan menggunakan cara sederhana.

Selain dengan menggunakan obat dokter, mengobati penyakit gondongan pada anak juga bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan obat-obat tradisional yang banyak terdapat di alam atau di sekitar kita.

Penyakit gondongan atau biasa kita kenal dengan penyakit gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh inveksi virus yang menyerang kelenjar liur manusia yang berada di bagian belakang pipi sehingga kelenjar liur mengalami peradangan dan pembengkakan.

Oleh karena itu penyakit gondongan juga disebut dengan parotitis atau penyakit mumps. Namun pembengkakan tersebut juga bisa menyerang pada kelenjar gonad, kelenjar pancreas, dan kelenjar meninges.

Penyakit gondongan sering sekali menyerang anak-anak karena mereka belum memiliki sistem kekebalan tubuh seperti sekuat orang dewasa sehingga mudah sekali terjangkit penyakit gondongan, sebab pada dasarnya penyakit gondongan disebabkan oleh infeksi virus padahal virus dapat dibunuh oleh sistem kekebalan tubuh manusia saja.

Virus penyakit gondongan tersebut juga bisa menular kepada orang lain melalui saluran pernafasan, air liur, namun jangan khawatir bagi penderita penyakit ini karena penyakit gondongan atau penyakit protitis hanya menyerang sekali dalam seumur hidup manusia. Setelah sembuh dari penyakit ini tubuh manusia akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

Penyakit gondongan memang sangat sering terjadi pada anak-anak karena pada anak dibawah 15 tahun belum memiliki sistem kekebalan tubuh seperti orang dewasa yang akan berakibat dapat terjangkit penyakit gondong dengan mudah.

Tetapi jangan kawatir karena ada obat untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan penyakit gondongan pada anak :

1.  Istirahat yang cukup

Salah satu cara paling manjur untuk mengobati penyakit gondongan adalah dengan beristirahat yang cukup serta hindari sering berbicara agar kelenjar pada sekitar rahang atau kelenjar parotis bisa beristirahat. Hal ini bisa menguraangi rasa sakit akibat dari penyakit gondongan tersebut.

Oleh karena itu dianjurkan bagi pasien penyakit gondongan agar beristirahat penuh untuk dapat mempercepat kesembuhan dari penyakit ini.

2.  Minum obat demam atau antinyeri

Salah satu obat penyakit gondongan pada anak ialah dengan memberikan obat penurun panas atau obat nyeri yang akan mengurangi rasa sakit pada anak pada saat terserang penyakit gondongan.

Obat-obat tersebut telah banyak dijual di apotek terdekat di lingkungan masyarakat dengan harga relatif murah sehingga semua kalangan masyarakat dapat membelinya dengan mudah sehingga penyakit gondongan dapat ditangani dengan cepat karena penanganan yang sangat cepat juga akan berpengaruh terhadap cepat lambatnya penyembuhan penyakit gondongan ini.

3. Makan makanan yang lunak

Karena pada saat terserang penyakit gondongan merasa sangat sakit serta nyeri, pasti akan susah untuk menguyah atau menelan makanan dalam bentuk padat maka dari itulah agar dapat menyembuhkan penyakit gondongan pasien harus memenuhi gizi tubuh agar cukup, dengan cara makan makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit ini, sebab pada saat terserang penyakit ini tidak dapat menguyah makanan hendaknya pasien diberikan makanan makanan yang berbentuk lunak agar dapat dikunyah serta ditelan dalam jumlah banyak.

Karena jika kebutuhan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan cukup maka akan meningkatkan kekebalan tubuh secara cepat juga serta berdampak akan mematikan virus-virus penyebab penyakit gondongan tersebut. (*)

Penulis: Nanda Yollanda

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!