EKOBIS

Pemprov Sultra Bersama NSLIC Sosialisasi Penggunaan OSS dalam Pelayanan Perizinan

Sosialisasi dan Bimtek Sistem Perizinan OSS
81

panjikendari.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan proyek National Support for Local Investment Climate/National Support for Enhancing Local and Regional Economic (NSLIC/NSELRED), menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kebijakan dan penggunaan Online Single Submission (OSS), di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu, 17 Oktober 2018.

Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Sultra, H Masmuddin, menyampaikan, kegiatan sosialisasi pelaksanaan OSS ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih detil terkait dengan pelaksanaan OSS kepada pejabat Dinas PMPTSP provinsi dan semua daerah di Sultra.

Dalam kegiatan ini, lanjut Masmuddin, para peserta yang terdiri dari kepala bidang perizinan dan staf IT dijelaskan dan dibimbing tentang teknis penggunaan sistem OSS.

Menurut Masmuddin, sistem OSS merupakan aplikasi pelayanan perizinan berbasis online program pemerintah pusat dalam mendukung pengembangan bidang usaha. Tentunya muaranya adalah peningkatan perekonomian dan pembukaan lapangan kerja.

Masmuddin menyebutkan, OSS dikomandoi oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Makanya dalam kegiatan sosialisasi ini kita datangkan pemateri dari dua kementerian itu,” katanya.

Dia berharap, melalui kegiatan sosialisasi OSS ini, kapasitas kelembagaan serta kemampuan teknis pejabat dan staf DPMPTSP provinsi dan kabupaten dapat meningkatk.

Senada dengan Masmuddin, Koordinator Provinsi Proyek NSLIC/NSELRED Sultra, Diah Fardilah, menambahkan, sosialisasi OSS diharapkan dapat memberikan penguatan terhadap DPMPTSP secara keseluruhan.

Menurut Diah, NSLIC memberikan support agar sistem pelayanan perizinan berusaha secara online di Sultra dapat berjalan sesuai dengan harapan pemerintah.

Berkaitan dengan hal tersebut, NSLIC bekerja sama dengan Dinas PMPTSP Provinsi Sultra mengundang 17 kabupaten/kota se-Sultra untuk mengikuti pelatihan dan sosialisasi OSS.

“NSLIC memang terkait dengan penguatan ekonomi lokal dan iklim investasi. Salah satu leading sektor kerjasama proyek NSLIC adalah PMPTSP.”

“Jadi kami membantu mereka agar bagaimana PMPTSP itu mempunyai kapasitas yang baik dan menyelenggarakan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat sehingga seperti yang dijelaskan bapak kepala dinas tadi, kalau iklim investasinya bagus, investornya datang, ekonomi jadi meningkatkan,” papar Diah Fardilah.

Penulis: Jumaddin Arif

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!