Panjikendari.com – Pengurus Pusat (PP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) periode 2019-2023 yang dinakhodai Syafruddin rencananya akan dilantik di Kendari pada 7 Maret 2019.

Ketua Panitia Pelantikan PP KKST Asrun Lio menyampaikan, pelantikan dan pengukuhan nanti akan dipimpin langsung Gubernur Sultra Ali Mazi.

Saat ini, kata dia, Pengurus Wilayah KKST Sultra telah membentuk kepanitiaan untuk menyiapkan pelantikan tersebut.

“Kami diberi amanah tugas untuk mempersiapkan pengukuhan pengurus pusat KKST yang diketuai Dr Syarifuddin yang sekarang sebagai Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri,” ungkap Asrun Lio, Minggu 10 Februari 2019.

Menurut Asrun Lio, seluruh panitia sudah mendapatkan surat keputusan, dia sendiri sebagai ketua panitia dan La Sensu sebagai sekretaris.

Tugas utama panitia ini adalah menyiapkan pelantikan dan pengukuhan. “Jadi kita sudah menjadwalkan dan mengundang kepanitiaan pada 17 Februari untuk membahas rencana pelantikan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan didirikan KKST ini untuk menghimpun warga dan tokoh masyarakat baik yang berada di Sultra maupun di perantauan.

“Dengan KKST ini, bisa menyatukan semua kerukunan, baik yang ada di Sultra maupun di luar Sultra,” ujarnya, seraya menambahkan, KKST sudah terbentuk di 33 provinsi, minus Kalimantan Utara.

Seluruh pengurus di 33 provinsi itu nantinya akan turut diundang saat pengukuhan PP KKST. “Supaya kita mengenal siapa tokoh masyarakat dari perantauan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pengukuhan PP KKST La Sensu menambahkan, paguyuban ini terbentuk sejak 15 tahun yang lalu. Salah satu pencetusnya adalah Gubernur Sultra saat ini, Ali Mazi.

Periode sebelumnya, KKST dipimpin oleh almarhum Jeni Hasmar. Sepeninggal politikus Golkar itu, roda organisasi KKST tidak berjalan maksimal.

Untuk itu, melalui forum musyawarah di Jakarta, KKST memilih pemimpin baru. Dalam musyawarah itu, semua tokoh menyepakati Syafruddin memimpin KKST periode 2019-2023.

“Dengan adanya KKST meningkatkan tali silaturahmi di Sultra maupun di perantauan,” jelasnya.

Ia berharap, ke depannya, KKST ini bisa membangun sinergi yang baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. (yat/fya)

Beri Komentar