Tinggi gelombang di perairan sultra
Ilustrasi tinggi gelombang.

panjikendari.com – Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, mengumumkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan laut Sulawesi Tenggara (Sultra).

Peringatan tersebut berlaku pada Selasa besok, 12 Februari 2019, pukul 08.00 – 20.00 Wita.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istiyono, dalam keterangan tertulisnya, menyampaikan, gelombang dengan tinggi lebih 1.25 – 2.5 meter diprakirakan terjadi di wilayah Perairan Baubau, Perairan Kepulauan Wakatobi, Perairan Manui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai dan Perairan Kepulauan Sula.

Adi berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : bagi perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya. (jie)

Beri Komentar