BERITA UTAMA

Ayo, Pesan Sekarang! Sapi Kurban Murah di Kota Kendari

Sapi Kurban Murah di Kota Kendari
121

panjikendari.com – Perayaan Hari Raya Iduladha 1439 Hijriah tinggal menghitung hari. Sesuai jadwal yang ada, perayaan Idul Kurban tahun 2018 jatuh pada hari Rabu, 22 Agustus 2018.

Menjelang hari raya Iduladha, banyak ummat muslim yang tergolong mampu dan memiliki hajatan untuk melaksanakan kurban, mulai menyasar tempat-tempat penjualan hewan kurban, terutama sapi kurban.

Dalam mencari tempat penjualan sapi kurban, hampir semua orang yang akan berkurban menginginkan sapi kurban
murah.

Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, banyak pedagang sapi kurban yang menawarkan sapinya dengan harga bervariasi. Tentu harga bergantung pada umur dan ukuran postur sapi.

Salah seorang peternak sekaligus pedagang sapi, Meskan, menyediakan sapi kurban murah umur 2 hingga 4 tahun dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 10 juta per ekor.

Harga tersebut menurut dia masih bisa turun, berdasarkan negosiasi yang dilakukan. “Harga masih bisa nego,” ujar Meskan, Kamis, 2 Agustus 2018.

Meskan memiliki rens sapi di wilayah Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel). Namun, selain Ranomeeto, pasar penjualannya lebih banyak di wilayah Kota Kendari.

Untuk musim hari raya haji tahun 2018 ini, kata Meskan, stok sapi kurban yang akan dilego tersisa 7 ekor. Beberapa ekor sudah laku terjual dan dipesan oleh para pelanggannya.

Menurutnya, para peminat sapi kurban tidak perlu nanti mendekati hari H baru datang membeli. Jauh hari sebelum hari H pum sudah bisa melakukan pemesanan. Tinggal bayar tanda jadi saja, nanti saat sapi akan diambil baru transaksi penuh.

“Ada beberapa yang sudah pesan. Nanti H-1 atau H-2 baru mereka datang ambil,” katanya.

Pemesanan lebih awal biasanya dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan harga menjelang hari raya Iduladha. Sebab menurut dia, harga sapi mendekati hari H biasanya naik 2 sampai 3 juta per ekor.

“Makanya, biasanya banyak yang pesan dari jauh hari sebelumnya. Kita yang jagakan. Nanti dekat-dekat mau dipotong baru diambil,” kata Meskan.

Bagusnya lagi, guna memanjakan pelanggan atau konsumen, Meskan menyediakan jasa pengantaran sapi sampai di alamat pembeli. Tentu, ada konsekuensi biaya pengantaran berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu, bergantung jaraknya.

Warga Ranomeeto berdarah Jawa-Muna ini menyampaikan, sapi kurban yang ditawarkannya adalah sapi hasil ternak dengan sistem gembala. Makanan sehari-harinya adalah rumput.

“Karena beda itu dagingnya antara sapi yang makan rumput dan sapi yang makanannya ditunjang dengan ampas tahu. Kalau sapi yang makan rumput, dagingnya padat. Sedangkan sapi yang makan ampas tahu, dagingnya berair dan banyak mengandung lemak,” jelasnya.

Bukan hanya melayani pemesanan sapi kurban, Meskan juga menyediakan sapi untuk kebutuhan aqiqah atau pesta/hajatan lainnya.

Untuk pemesanan sapi kurban khusus wilayah Kota Kendari dan sekitarnya, bisa menghubungi langsung nomor handphone/WA: 085399542212. (jie)

Beri Komentar
Loading...

Terpopuler

Panji Kendari merupakan media online yang mengabarkan peristiwa terkini di jazirah Sulawesi Tenggara dengan mengedepankan potensi daerah, potensi wisata, dan kejadian-kejadian untuk para pembaca.

STATISTIK WEB

Facebook

To Top
error: Content is protected !!