Banneratas
bannerheaderbawah
R4
R4

Arus Mudik di Pelabuhan Torobulu Aman dan Lancar

panjikendari.com – Suasana arus mudik di Pelabuhan Torobulu, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Minggu, 10 Juni 2018, mulai terlihat ramai dipadati para pemudik namun terpantau masih dalam kondisi lancar.

Pantauan panjikendari.com, hingga H-5 kemarin, antrian kendaraan roda empat dan roda dua mulai terlihat. Kendati demikian, kondisi tetap aman dan lancar.

PakAnwarKendari

Supervisi Lintasan PT ASDP Indonesia Ferry, Arland, menyampaikan, arus mudik di Pelabuhan Torobulu tahun 2018 ini terbilang tidak terlalu padat dibandingkan tahun lalu.

Salah satu faktornya, kata Arland, liburan lebih awal dan tidak bertepatan dengan padat-padatnya penumpang. Berbeda dengan tahun lalu, liburan sudah mendekati lebaran.

“Sehingga kendaraan bertumpuk di lapangan. Beda dengan tahun ini, orang sudah libur duluan. Jadi, sebagian sudah menyeberang memang,” kata Arland.

Disamping itu, lanjut dia, pihak ASDP menyiapkan tiga unit kapal feri; KM Bahteramas, KM Nuku, dan KM Pulau Rubiah, yang selalu mobile setiap saat.

bannersamping6

“Tidak ada jadwal paten. Pokoknya, bongkar langsung muat, bongkar langsung muat. Begitu seterusnya. Sampai habis kendaraan di pelabuhan. Bukan juga sampai habis bagaimana, tapi kalau tinggal 5 unit misalnya, berarti menunggu besok pagi,” kata Arland.

Pemebrangkatan penumpang yang memiliki kendaraan roda empat berdasarkan nomor antrian. Begitu juga roda dua, harus sesuai antrian.

Dalam setiap hari, sebut dia, jumlah trip kapal feri tidak menentu, tergantung penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang.

“Kemarin (Sabtu, 9 Juni 2018) saja delapan trip. Sampai jam 10 malam,” sebut Arland saat ditemui, Minggu, 10 Juni, di Pelabuhan Torobulu.

Saat dihubungi kembali, Senin pagi tadi, 11 Juni 2018. Arland mengaku, arus mudik masih terlihat lancar, meskipun memang sudah mulai terjadi peningkatan.

Jika sehari sebelumnya, penyeberangan feri Torobulu-Tampo mencapai delapan trip maka pada Minggu 10 Juni 2018 sudah mencapai 12 trip. (jie)

Beri Komentar